Peringkat Perguruan Tinggi Dunia merupakan pemeringkatan suatu lembaga perguruan tinggi diseluruh dunia atas beragam kombinasi faktor penilaian. Pemeringkatan ini dilakukan oleh beragam institusi pemeringkat yang berasal dari suatu organisasi, majalah, koran, website, pemerintah, atau perguruan tinggi. Selain memeringkat seluruh lembaga, para pemeringkat juga memberikan peringkat berdasarkan suatu program, departemen, dan fakultas. Namun tidak ada peringkat perguruan tinggi yang memeringkat kualitas akademik siswa. Metodologi pemeringkatan perguruan tinggi telah menghasilkan banyak perdebatan tentang kegunaan dan akurasi peringkat. Salah satu peringkat perguruan tinggi dunia ini adalah 4 International Colleges & Universities atau 4ICU yaitu suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.


Metodologi Penilaian
Universitas dan College diranking secara eksklusif oleh 4icu.org University Web Ranking. Peringkat ini telah dipublikasikan sejak Mei 2005. Sejak itu metodologi penilaian telah diatur secara periodik untuk memberikan hasi yang lebih baik.

Pemeringkatan sekarang didasarkan pada algoritma dengan memasukkan 4 web metric independen dan objektif dari 3 search engine yang berbeda :

  • Google Page Rank
  • Alexa Global Rank
  • Majestic Referring Subnets
  • Majestic Trust Flow

Langkah penilaian :

  1. Pengumpulan data metric dilakukan dalam hari yang sama untuk menghindari perubahan data yang tidak tentu serta memaksimalkan perbandingan data.
  2. Penggunaan filter untuk mengidentifikasi keberadaan data yang nilainya sangat jauh dari data lain yang ada (data outliers).
  3. Review data dari Alexa Traffic Rank, untuk menyeleksi perguruan tinggi yang masih menggunakan subdomain sebagai halaman utama yang resmi.
  4. Data webmetric kemudian dinormalisasikan pada skala 0-100 dengan mempertimbangkan perhitungan logaritma alami dari Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank, serta hasil normalisasi dari data Majestic SEO.
  5. Nilai normalisasi dari ketiga data tersebut digabungkan dan kemudian dirata-rata untuk menghasilkan nilai akhir dan peringkat perguruan tinggi.

Ranking UHAMKA di 4icu

Ranking Univesitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dalam perangkingan 4icu, dapat dilihat sini https://www.4icu.org/reviews/12319.htm