Peringkat Universitas Dunia UI GreenMetric adalah acara publikasi tahunan peringkat universitas di dunia yang dilaksanakan oleh UI GreenMetric. UI GreenMetric adalah salah satu program dari Universitas Indonesia. UI GreenMetric menilai universitas berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

Metodologi pemeringkatan yang dilakukan pertama pada tahun 2010 menggunakan 23 indikator untuk menghitung nilai universitas. Pada tahun 2011, UI GreenMetric memperluas metodologi yang digunakan menjadi 34 indikator dalam 5 kriteria. Metodologi terakhir pada tahun 2016 yang berdasarkan terdapat 6 kriteria dengan 38 indikator di dalamnya. UI GreenMetric mengusung tema penting ekuitas, ekonomi, dan lingkungan untuk penghijauan.

Kriteria perhitungan nilai UI GreenMetric

KriteriaPersentase total nilai (%)Keterangan
Pengaturan Lahan dan Infrastruktur (SI)15Berbagai pengaturan gedung dan lingkungan universitas dalam menuju lingkungan hijau.
Energi dan Perubahan Iklim (EC)21Perhatian universitas terhadap penggunaan energi, alternatif energi dan masalah perubahan iklim.
Sampah (WS)18Perlakuan dan daur ulang sampah dan limbah yang ada di universitas
Air (WR)10Program universitas untuk menghemat penggunaan air.
Transportasi (TR)18Program universitas untuk transportasi ramah lingkungan.
Edukasi (ED)18Peranan Universitas dalam membina generasi hijau, dengan pendidikan, penelitian, dan aktivitas penunjang.

Pengaturan Lahan dan Infrastruktur (SI)

Informasi mengenai pengaturan lahan dan infrastruktur universitas akan memberikan informasi dasar mengenai pertimbangan universitas menuju lingkungan hijau. Indikator ini juga menunjukkan apakah suatu Universitas layak disebut sebagai kampus hijau. Tujuan dari indikator ini adalah agar universitas menyediakan ruang lebih untuk penghijauan dan keamanan lingkungan.

Energi dan Perubahan Iklim (EC)

Perhatian universitas terhadap masalah penggunaan energi dan perubahan iklim adalah indikator yang diberi persentase tinggi. Indikator ini memperhatikan penggunaan energi yang efisien, penggunaan listrik, program konservasi energi, dan lain-lain. Dengan indikator seperti ini diharapkan universitas bisa lebih efisien dalam menggunakan energi dan lebih peduli terhadap sumber energi alami.

Sampah (WS)

Aktivitas pengolahan limbah dan daur ulang sampah memiliki faktor yang besar dalam lingkungan yang hijau. Indikator ini fokus terhadap program universitas dalam mengelola limbah yang dihasilkan, seperti daur ulang, pengolahan air organik, sistem pembuangan kotoran, dan aturan dalam penggunaan kertas dan plastik di universitas.

Air (WR)

Indikator penggunaan air di universitas bertujuan agar universitas bisa mengurangi penggunaan air, menambahkan program konservasi air, dan lain-lain.

Transportasi (TR)

Sistem transportasi memiliki peranan penting terkait emisi karbon dan polusi di universitas. Indikator transportasi menilai tentang peraturan universitas yang berkaitan dengan transportasi, seperti pembatasan kendaraan bermotor, penggunaan bus dan sepeda di universitas untuk mendorong lingkungan yang lebih sehat.

Edukasi (ED)

Indikator ini lebih memfokuskan pada berbagai upaya universitas dalam menciptakan generasi baru yang lebih peduli terhadap keberlanjutan lingkungan hidup.

Ranking UHAMKA di UI Greenmetric

Ranking Univesitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dalam perangkingan di UI Greenmetric, dapat dilihat sini http://greenmetric.ui.ac.id/country-list2020/?country=Indonesia